Tautan-tautan Akses

Diplomat Rusia Minta AS untuk Berhenti Merusak Hubungan AS-Rusia


Wakil Menteri Luar Negari Rusia Sergei Ryabko (kiri) dan Dubes Rusia untuk Amerika Serikat Sergey Kislyak (kanan), saat tiba di Kementerian Luar Negeri AS di Washington, 17 Juli 17, 2017.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyerukan agar Amerika menemukan cara menyelesaikan masalah diplomatik antara kedua negara.

“Kami menyerukan dihentikannya pengrusakan hubungan Rusia-Amerika, dan ditemukannya solusi untuk menyelesaikan masalah yang semakin besar yang bukan kesalahan kami,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia setelah Ryabkov bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Thomas Shannon di Helsinki, Finlandia.

Shannon tiba di Finlandia Senin pagi (11/9) untuk melakukan pembicaraan yang bertujuan meredakan ketegangan antara Washington dan Moskow yang telah meningkat selama beberapa bulan.

Shannon adalah petinggi nomor tiga kementerian luar negeri dan sebelumnya tahun ini telah bertemu dengan Ryabkov untuk membahas berbagai hambatan dalam hubungan bilateral.

Ketegangan antara kedua negara memuncak setelah muncul tuduhan bahwa Rusia campur tangan dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu.

Kongres Amerika bulan Juli memberlakukan sanksi terhadap Moskow yang dituduh campur tangan, dan Presiden Donald Trump yang tidak mau menghadapi risiko vetonya dikalahkan Kongres, menandatangani sanksi itu, tetapi menyalahkan Kongres sebagai penyebab timbulnya ketegangan baru dengan Moskow. [ds]

XS
SM
MD
LG