Tautan-tautan Akses

Diplomat India Tinggalkan AS di Tengah Pertikaian


Diplomat India Devyani Khobragade, meninggalkan AS Kamis malam (9/1), setelah India menolak permohonan AS untuk menarik kekebalan diplomatiknya terkait kasus penipuan visa (Foto: dok).
Diplomat India Devyani Khobragade, meninggalkan AS Kamis malam (9/1), setelah India menolak permohonan AS untuk menarik kekebalan diplomatiknya terkait kasus penipuan visa (Foto: dok).

Diplomat India Devyani Khobragade, meninggalkan Amerika Kamis malam (9/1) setelah India menolak permohonan Amerika untuk mencabut kekebalan diplomatiknya. Sementara itu, India meminta AS untuk menarik seorang diplomat dari kedutaan besarnya di New Delhi.

Seorang diplomat India yang penangkapan dan pemeriksaan terhadap dirinya di New York menimbulkan pertikaian diplomatik antara India dan Amerika kembali ke negaranya, Kamis (9/1), setelah didakwa melakukan penipuan visa.

Devyani Khobragade meninggalkan Amerika Kamis malam (9/1) setelah India menolak permohonan Amerika untuk mencabut kekebalan diplomatiknya.

Khobragade telah bertugas sebagai wakil konsul jenderal India di New York. Tetapi, hari Kamis (9/1), untuk mengikuti prosedur standar, para pejabat Amerika menerima permohonan India mengubah statusnya menjadi seorang diplomat untuk PBB, yang memberinya kekebalan penuh.

Segera setelah dia mempunyai kekebalan penuh, Departemen Luar Negeri Amerika meminta India agar mencabutnya supaya Khobragade dapat menghadapi tuduhan. Tetapi, India menolak permohonan itu.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, tuduhan terhadap Khobragrade tidak akan dicabut meski ia telah meninggalkan Amerika, dan ia akan menghadapi tuduhan itu kalau ia kembali.

Sementara Khobragrade kembali ke negaranya setelah ditahan atas tuduhan melakukan penipuan visa di Amerika itu, India telah meminta Amerika Serikat agar menarik seorang diplomat dari kedutaan besarnya di New Delhi. Seorang pejabat kementerian luar negeri India mengatakan India meminta agar Amerika memulangkan seorang diplomat “yang posisinya sama” seperti Devyani Khobragade.

Pihak berwenang Amerika menangkap Khobragade bulan lalu atas tuduhan ia menggaji pembantu rumah-tangganya jauh di bawah ketentuan upah minimum dan berbohong mengenai hal tersebut dalam aplikasi visa bagi pembantunya itu.
XS
SM
MD
LG