Tautan-tautan Akses

Dipamerkan, Kisah Kehidupan Putri Diana dalam Mode Busana


Gaun-gaun mendiang Putri Diana dipamerkan di Istana Kensington (foto: dok).

Gaun-gaun yang mengisahkan kehidupan yang singkat: awalnya, gaun berenda yang pertama kali dikenakan Putri Diana sebelum menikah dengan Pangeran Charles. Kemudian, gaun rumit yang memukau dunia, dan akhirnya baju setelan bisnis kesayangan tidak lama sebelum kematiannya.

Sudah 20 tahun Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada usia 36 tahun, tetapi keingin-tahuan publik terhadap kehidupan, dan busananya, terus hidup. Pameran baru yang dibuka hari Jumat di Istana Kensington, tempat tinggal Diana selama bertahun-tahun, akan memberi kesempatan kepada publik untuk pertama kali melihat langsung busana-busana luar biasa itu.

Satu kamar menampilkan sketsa perancang untuk gaun-gaun Diana, menawarkan wawasan visi di balik banyak pilihan Diana.

Deirdre Murphy, kurator senior pada Historical Royal Palaces, mengatakan Diana secara unik menggunakan busana untuk berkomunikasi dan juga siap mengambil risiko untuk menantang konvensi tak tertulis mengenai gaun kerajaan. Menurutnya, Diana mencerminkan “mistik'' sebagai seorang putri kerajaan meskipun ia sesekali mengenakan jins dan topi bisbol.

Pameran itu dibuka dengan gaun pesta berenda yang dikenakan Diana dalam pesta di rumah keluarganya, Althorp, tahun 1979 dan mencakup banyak pakaiannya yang paling terkenal. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG