Tautan-tautan Akses

Dinas Kebakaran London: Mukjizat, Jika Ada Lagi Penyintas dari Kebakaran Apartemen


Foto yang dikirim oleh penduduk setempat Natalie Oxford tanggal 14 Juni 2017 ini, menunjukkan api kebakaran dan asap hitam dari Grenfell Tower, apartemen bertingkat 24 di London barat. (Foto: dok).

Para pejabat dinas kebakaran London, Kamis (15/6) menyatakan para petugas berhasil memadamkan kebakaran yang menewaskan 12 orang sewaktu api tersebut melalap gedung apartemen 24 lantai sehari sebelumnya, dan bahwa sejumlah orang masih berada di dalamnya.

Tragisnya, diperkirakan tak akan ada lagi yang ditemukan hidup-hidup, kata Komisioner Brigade Pemadam Kebakaran London Dany Cotton kepada Sky News. Ia menambahkan jika ada orang yang ditemukan selamat, maka itu merupakan mukjizat, mengingat panas dan dahsyatnya amukan api.

Api segera melalap Grenfell Tower di London Barat sebelum subuh hari Rabu, dan memerangkap penghuni di sana. Bangunan itu diperkirakan terdiri dari 120 unit apartemen dan dihuni sekitar 600 orang.

Cotton mengatakan perlu waktu bagi para petugas untuk menyusuri bangunan tersebut dan mengidentifikasi siapa yang tertinggal di sana. Ia juga mengatakan sementara penyebab kebakaran masih diselidiki, masih terlalu dini untuk berspekulasi mengenai apa yang memicu kebakaran.

Para saksi mata menyatakan mereka mendengar jeritan minta tolong sewaktu api melalap lantai demi lantai, memerangkap penghuni yang dari jendela terlihat menyalakan lampu ponsel mereka dengan harapan akan diselamatkan. Menurut para saksi mata, sejumlah penghuni menjaga anak-anak kecil dari jendela sementara yang lainnya melompat di lantai-lantai bawah bangunan itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG