Tautan-tautan Akses

Dinas Intelijen AS, Inggris Bisa Bongkar Enkripsi Internet


Dokumen yang dibocorkan Edward Snowden mengindikasikan, dinas mata-mata AS dan Inggris meretas kode-kode enkripsi internet (foto: ilustrasi).
Dokumen yang dibocorkan Edward Snowden mengindikasikan, dinas mata-mata AS dan Inggris meretas kode-kode enkripsi internet (foto: ilustrasi).

Dokumen-dokumen yang dibocorkan Edward Snowden mengindikasikan, dinas mata-mata AS dan Inggris telah meretas kode-kode enkripsi internet.

Dokumen-dokumen yang dibocorkan mantan analis intelijen Amerika Edward Snowden mengindikasikan, dinas mata-mata Amerika dan Inggris telah meretas kode-kode enkripsi yang dirancang untuk memberi privasi dan keamanan online.

Ratusan juta orang menggunakan kode-kode guna melindungi data pribadi, transaksi online, dan korespondensi email mereka. Dokumen yang diungkap Snowden menunjukkan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) dan dinas intelijen Inggris GCHQ bekerjasama melanggar jaminan perusahaan-perusahaan internet kepada pelanggan bahwa kerahasiaan komunikasi dan data pribadi mereka terjaga.

Dokumen-dokumen itu mengungkap, kedua dinas keamanan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan internet guna membiarkan adanya kelemahan – disebut pintu belakang atau pintu jebakan - dalam piranti lunak enkripsi komersial mereka. Menurut materi rahasia itu, kadang-kadang kerjasama berjalan sukarela, terkadang terpaksa karena adanya perintah pengadilan, dan terkadang melibatkan penggunaan komputer super maupun langkah teknis lain, termasuk pengaruh NSA terhadap standar enkripsi internasional atau permintaan pemerintah atas kunci enkripsi perusahaan-perusahaan.

Catatan-catatan rahasia itu menunjukkan, NSA menghabiskan sekitar 250 juta dolar per tahun untuk program itu. Dokumen itu juga menunjukkan dinas intelijen Inggris berusaha membuat cara-cara meretas lalu lintas informasi yang disandikan perusahaan-perusahaan besar seperti Yahoo, Google, Facebook dan Hotmail dari Microsoft.

Informasi yang dibocorkan kemungkinan menuai kecaman pendukung hak privasi. Pejabat-pejabat pemerintah Amerika menyatakan usaha pemantauan NSA hanya untuk menghentikan terorisme.
XS
SM
MD
LG