Tautan-tautan Akses

Di Dubai, Aplikasi Bantu Proses Kurban Iduladha


Kambing kurban di Al Quoz Abattoir, kawasan Al Quoz, Dubai , Uni Emirat Arab, 1 Juli 2022. REUTERS/Amr Alfiky
Kambing kurban di Al Quoz Abattoir, kawasan Al Quoz, Dubai , Uni Emirat Arab, 1 Juli 2022. REUTERS/Amr Alfiky

Kesibukan memilih hewan kurban selalu terjadi setiap tahun menjelang Iduladha. Di Uni Emirat Arab kini ada aplikasi yang membantu Muslim memilih hewan kurbannya, mengatur penyembelihan, dan mengirim daging kurban ke rumah. Semua dilakukan melalui ponsel.

Di banyak negara yang mayoritas penduduknya Muslim, pemandangan umum terjadi setiap kali menjelang Iduladha. Muslim yang hendak membeli hewan kurban berkumpul dan antre berjam-jam di peternakan atau tempat penjualan hewan kurban. Mereka perlu waktu untuk memilih ternak yang akan menjadi hewan kurban dan disembelih.

Kini ada aplikasi yang menjanjikan akan merampingkan proses pembelian hewan kurban. Aplikasi yang dikembangkan di Uni Emirat Arab itu memungkinkan calon pembeli untuk memilih ternak dan membayar penyembelihan hewan dari ponsel mereka.

Manajer aplikasi Dhabayeh Al Emarat atau Emirates Sacrifices, Fayez Al-Bader menjelaskan,"Pada Iduladha, kami menghemat waktu bagi pelanggan kami. Mereka bisa mengunjungi keluarga dan teman-teman daripada datang ke rumah jagal dan antre untuk melihat hewan kurbannya disembelih."

Penyembelihan hewan kurban seperti sapi dan kambing itu untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya, Ismail, atas perintah Allah. Daging hewan kurban biasanya kemudian dibagikan kepada anggota masyarakat yang kurang mampu.

Di Dubai, Aplikasi Bantu Proses Kurban Iduladha Sampai Tuntas
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:40 0:00

Fatma al-Harmoud, manajer rumah jagal al-Qouz, membeberkan kesibukan setiap kali menjelang Iduladha. "Sebagian besar waktu akan digunakan untuk membuat Anda mendapatkan hewan kurban, kemudian menyembelih sendiri hewan kurban itu. Anda yang menyembelih. Atau Anda pergi ke penjual, beli dari mereka, dan mereka melayani Anda. Tetapi Anda harus menunggu dalam antrean panjang, menunggu lama, sehingga akan sedikit merepotkan. Anda akan menghabiskan setengah hari, menunggu kurban Anda diberikan."

Aplikasi tersebut memberi pilihan hewan kurban, apakah mau unta, domba, atau sapi. Tergantung pada hewan yang dipilih dan ukurannya, harga dapat berkisar antara 700 dirham ($190) dan 1700 dirham ($460).

Muslim di Uni Emirat Arab tahun ini merayaan Iduladha pada 9 Juli. [ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG