Tautan-tautan Akses

Dewan Konstituante Venezuela Keluarkan Dekrit


Ketua Dewan Konstituante Venezuela, Delcy Rodriguez di Caracas (foto: dok).

Dewan Konstituante Venezuela yang baru dibentuk hari Jumat mengeluarkan dekrit yang memungkinkan badan itu “membuat peraturan guna menjamin perdamaian, keamanan, kedaulatan, sistem sosial-ekonomi dan keuangan, menentukan tujuan negara dan menyatakan pentingnya pelaksanaan HAM.”

Walaupun tidak dengan tegas mengatakan pembubaran Kongres, Dewan itu telah menggerogoti kekuasaan Kongres yang memang sudah banyak berkurang itu.

Ketua Dewan Konstituante Delcy Rodriguez mengatakan, “Kami tidak akan membiarkan terus terjadinya distorsi dan penyimpangan untuk menyerang UU Venezuela. Dewan Konstituante bertugas untuk menjalankan hal itu.”

Setelah dekrit itu diumumkan, tokoh oposisi Omar Avila segera mengecamnya dan mengatakan bahwa Dewan Konstituante belum mengeluarkan satupun usul untuk menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi rakyat.

“Dewan Konstituante tugasnya bukan untuk memerintah, dan bukan menjadi hakim untuk mengadili orang-orang yang punya pendapat berbeda,” kata Avila.

Dewan Konstituante itu ditugaskan untuk menyusun kembali UUD tahun 1999 dan sementara itu memberi kekuasaan kepada Presiden Nicolas maduro untuk memerintah lewat dekrit. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG