Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB akan Bahas Uji Coba Rudal Iran


Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pembicaraan mendesak untuk menanggapi uji coba rudal balistik yang dilakukan oleh Iran, Selasa (31/1).

Amerika Serikat meminta diadakan pertemuan itu menyusul peluncuran uji coba rudal jarak menengah hari Minggu. Jenis yang pasti rudal itu dan kemampuannya tidak jelas.

Sebuah resolusi 2015 Dewan Keamanan melarang Iran melakukan kegiatan yang berkaitan dengan rudal balistik yang dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir.

Larangan delapan tahun itu menyusul adopsi kesepakatan yang dicapai oleh Iran dengan enam negara kuat di dunia untuk membatasi program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi.

Kesepakatan dengan Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, China dan Jerman itu terjadi untuk menanggapi tuduhan bahwa Iran sedang berusaha mengembangkan senjata nuklir, tuduhan telah berulang kali disangkalnya.

Presiden Amerika Donald Trump telah mengritik tajam kesepakatan nuklir Iran itu, dan mengatakan negara-negara kuat di dunia menyerahkan terlalu banyak dan menerima terlalu sedikit. Dalam pembicaraan telepon minggu ini dengan Raja Salman dari Arab Saudi, Trump berjanji untuk “dengan keras” menegakkan perjanjian itu. [lt]

Forum Facebook

XS
SM
MD
LG