Tautan-tautan Akses

AS

Deplu AS Umumkan Tambahan 5 Orang ke dalam Daftar Teroris


Menteri Luar Negeri Antony Blinken berbicara saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, Kamis, 5 Agustus 2021, di Departemen Luar Negeri di Washington. (Foto: Saul Loeb via AP)

Departemen Luar Negeri AS, Jumat (6/8), mengumumkan tambahan lima tersangka militan Islamis ke dalam daftar Teroris Global. Penunjukan itu mengharuskan pemblokiran terhadap kepemilikan atau kepentingan apa pun atas properti yang mereka miliki di Amerika.

Selain itu, AS kemungkinan juga menjatuhkan sanksi terhadap individu atau lembaga keuangan asing yang terlibat dalam transaksi tertentu dengan kelima orang tersebut.

Kelima orang tersebut termasuk Bonomade Machude Omar, komandan militer senior afiliasi ISIS di Mozambik, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan. Omar memimpin kelompok ekstremis yang membunuh puluhan orang dalam serangan di Hotel Amarula di kota Palma pada Maret, kata Blinken.

Ia juga bertanggung jawab atas serangan di tempat lain di Mozambik dan di Tanzania, tambah Blinken.

Dua pemimpin senior Jama'at Nusrat al-Islam wal-Muslimin, Sidan Hitta dan Salem Ould al-Hasan, yang berpusat di Mali, juga dimasukkan ke dalam daftar. Dua orang lainnya adalah, Ali Mohamed Rage dan Abdikadir Mohamed Abdikadir, pemimpin Kelompok al-Shabab Somalia. [ps/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG