Tautan-tautan Akses

Deplu AS Setujui Rencana Penjualan Senjata ke Taiwan 


Berbagai senjata sistem pertahanan dipamerkan di pameran dirgantara dan teknologi pertahanan di Taipei World Trade Center, 14 Agustus 2013. (Foto: Reuters)

Pentagon mengatakan, Senin (26/10), Departemen Luar Negeri Amerika telah menyetujui rencana penjualan 100 sistem pertahanan Harpoon (Harpoon Coastal Defense System) buatan Boeing ke Taiwan dalam kesepakatan yang bisa bernilai hingga $ 2,37 miliar.

Langkah itu dilakukan beberapa hari setelah Departemen Luar Negeri menyetujui potensi penjualan tiga sistem senjata lainnya ke Taiwan, termasuk sensor, rudal, dan artileri yang dapat mencapai nilai total $1,8 miliar yang segera mengundang ancaman sanksi dari China.

Sebelumnya pada Senin (26/10) di Beijing, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan kepada para wartawan bahwa China akan menjatuhkan sanksi pada Lockheed Martin, Boeing Defense, Raytheon dan perusahaan-perusahaan Amerika lainnya yang menurutnya terlibat dalam penjualan senjata ke Taiwan.

Langkah Amerika itu dilakukan selagi pemerintahan Trump meningkatkan tekanan pada China menjelang pemilihan presiden 3 November dan adanya kekhawatiran yang semakin meningkat terkait niat Beijing terhadap Taiwan.

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri dan Beijing bertekad akan menyatakannya kembali dengan China daratan, dengan kekerasan jika perlu. [lt/ft]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG