Tautan-tautan Akses

Deplu AS akan Selenggarakan KTT tentang Kebebasan Beragama


Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan menjadi tuan rumah konferensi pertama Amerika mengenai kebebasan beragama yang mempertemukan pejabat pemerintah, para pemimpin agama, aktivis HAM, dan anggota organisasi masyarakat madani dari seluruh dunia.

Pompeo mengatakan kepada Vatikan News, misi KTT yang dimulai hari Selasa (24/7) itu "sangat lugas dan penting yaitu menyebarkan pentingnya kebebasan beragama bagi setiap individu di seluruh dunia."

"Orang-orang dari semua agama harus memiliki hak untuk beribadah sesuai keinginan mereka, atau juga diizinkan untuk tidak beribadah" katanya kepada Vatikan News dalam sebuah wawancara minggu lalu.

Pompeo mengatakan 40 lebih menlu dari seluruh dunia akan menghadiri konferensi selama tiga hari itu, jumlah terbesar menteri luar negeri yang pernah berkumpul di Departemen Luar Negeri AS.

Ia mengatakan pemerintahTrump menganggap ada keterkaitan erat antara kebebasan beragama, HAM, dan kepentingan ekonomi.

"Ketika orang-orang diizinkan bertindak dan berprilaku bebas sesuai dengan keyakinan mereka, mereka akan memiliki kapasitas untuk mencapai yang hebat," kata Pompeo.

"Para investor lebih memilih negara-negara yang memiliki kebebasan beragama yang luas" dan "memandang tempat-tempat yang memiliki kebebasan beragama sebagai tempat yang lebih terbuka dan berisiko lebih kecil," tambahnya. [my]

XS
SM
MD
LG