Tautan-tautan Akses

Departemen Kehakiman AS Beberkan Soal Surat Perintah Penggeledahan Rumah Trump


Jaksa Agung AS Merrick Garland berbicara dalam konferensi pers yang digelar di kantor Departemen Kehakiman di Washington, pada 11 Agustus 2022. (Foto: AP/Susan Walsh)
Jaksa Agung AS Merrick Garland berbicara dalam konferensi pers yang digelar di kantor Departemen Kehakiman di Washington, pada 11 Agustus 2022. (Foto: AP/Susan Walsh)

Jaksa Agung Amerika Serikat Merrick Garland, tanpa menjelaskan secara spesifik tentang dokumen apa yang dicari oleh agen-agen Biro Investigasi Federal (FBI), mengatakan kepada para wartawan, pada Kamis (11/8), bahwa terdapat alasan dari penggeledahan tersebut dan bahwa dia secara pribadi menyetujui keputusan tersebut.

“Departemen (Kehakiman) tidak menganggap enteng keputusan seperti itu. Jika memungkinkan, adalah praktik standar untuk mencari cara yang tidak terlalu mengganggu sebagai alternatif penggeledahan dan mempersempit lingkup penggeledahan apa pun yang dilakukan.”

Departemen Kehakiman, menurut Garland, mengajukan mosi untuk mengumumkan surat perintah dan daftar apa saja yang disita sehubungan dengan konfirmasi publik oleh Trump tentang penggeledahan itu, “keadaan sekitar dan kepentingan publik yang substansial dalam masalah ini.”

Garland, yang berbicara di podium Departemen Kehakiman selama kurang dari empat menit, tidak menjawab pertanyaan dari wartawan di ruangan itu.

Laporan media menunjukkan FBI mencari dokumen rahasia yang diduga diambil Trump dari Gedung Putih saat dia mengakhiri jabatannya dan tidak mengembalikannya seperti yang diminta oleh Arsip Nasional.

Para anggota Kongres AS dari Partai Republik telah mengecam keras penggeledahan itu dan menuduhnya bermotif politik untuk menggagalkan kemungkinan pencalonan kembali yang diharapkan oleh Trump pada tahun 2024.

Gedung Putih mengatakan tidak diberitahu tentang tindakan FBI itu dan menyangkal telah memerintahkan penggeledahan tersebut. [lt/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG