Tautan-tautan Akses

Demonstrasi di Paris Dukung Usaha Lawan Perubahan Iklim


Seorang pria menunjukkan poster bertuliskan: Iklim Anda. Matang atau Mentah? Dalam sebuah aksi protes di Paris, Sabtu, 8 September 2018.

Lebih dari 18 ribu orang berpawai di Paris, Sabtu (8/9), sebagai bagian mobilisasi internasional guna mendukung usaha melawan peningkatan suhu Bumi menjelang konferensi iklim di San Fransisco minggu depan.

Demonstran berkumpul di lapangan di muka balai kota sebelum berbaris ke Place de la Republique sambil membawa poster-poster yang menyerukan rakyatlah yang harus menempatkan pemanasan Bumi paling atas dalam agenda politik.

“Planet dalam Bahaya”, kata sebuah spanduk.

Para aktivis diseluruh dunia mendorong aksi-aksi protes bertema “Bangkit Demi Iklim” menjelang konferensi puncak pada 12-14 September ini di San Francisco.

Gubernur California mengusulkan diadakannya konferensi itu setelah Presiden Donald Trump menarik Amerika keluar dari Perjanjian Paris yang ditandatangani 2015.

Kelompok-kelompok lingkungan mengatakan ratusan demonstrasi diadakan di banyak kota besar di seluruh dunia pada Sabtu untuk mendorong usaha mengurangi peningkatan suhu Bumi.

Ribuan orang turun ke jalan-jalan di San Fransisco sambil memukul genderang, bernyanyi dan menunjukkan poster-poster yang mengatakan “Bangkit Demi Keadilan Iklim” dan “Jangan gunakan satu sen-pun untuk penggunaan energi kotor.” Mereka menyerukan kepada para politisi untuk memotori usaha penggunaan energi yang 100 persen terbarukan. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG