Tautan-tautan Akses

Demonstran Sampaikan Pesan pada Sidang Pelecehan Seks Pejabat Tinggi Vatikan


Anthony Foster, anggota organisasi keluarga korban pelecehan seksual gereja di Australia, menunjukkan foto dua anak perempuannya yang menjadi korban pelecehan seksual oleh Pastor yang sama, dan salah satunya kemudian bunuh diri (foto: dok).

Kardinal George Pell adalah penasihat top Paus Fransiskus di Vatikan, dan menghadapi tuduhan pelecehan seks di negara asalnya Australia. Hari Rabu (26/7), Pell untuk pertama kali tampil di sidang peradilan dirinya di kota Melbourne.

George Pell, pejabat Vatikan paling senior yang pernah dituduh dalam krisis pelanggaran seks Gereja Katolik hadir untuk pertama kali di pengadilan negara asalnya, Australia hari Rabu.

Kardinal berusia 76 tahun itu tidak berkomentar pada kedatangan dan kepergiannya dari Pengadilan Magistrat di kota Melbourne tapi banyak demonstran yang berkumpul untuk menyampaikan pendapat mereka.

Julie Cameron adalah seorang di antaranya,

“George (Pell) kami mohon, saya ingin Anda mendapat persidangan yang adil tapi kami ingin kebenaran yang sebenarnya, hanya kebenaran!,” tuntut Cameron.

Seorang demonstran lainnya mengatakan, “(Anda) mempermalukan agamamu, memalukan! Sampaikan pesan kepada Sri Paus. Sekarang Melbourne, berikutnya seluruh dunia, Argentina, Chile, Manila dan di mana-mana.”

Pell yang menjadi penasihat keuangan senior Paus Fransiskus, dikenakan tuduhan bulan lalu melakukan pelanggaran seksual terhadap beberapa orang, yang terjadi beberapa tahun lalu di negara bagian asalnya, Victoria di Australia.

Pell tidak mengajukan tawar menawar (guna memperoleh keringanan hukuman), tapi bersikeras bahwa ia tidak bersalah. Beberapa hari lalu Pell mengatakan ia tidak sabar untuk membersihkan namanya. [my/al]

Kardinal George Pell (tengah, baju hitam) saat tiba di pengadilan Melbourne, Australia, hari Rabu (26/7).
Kardinal George Pell (tengah, baju hitam) saat tiba di pengadilan Melbourne, Australia, hari Rabu (26/7).

XS
SM
MD
LG