Tautan-tautan Akses

AS

Demokrat Puji Trump soal Sanksi Baru PBB untuk Korea Utara


Senator AS Ben Cardin, anggota fraksi Demokrat dari Komisi Hubungan Luar Negeri (foto: dok).

Sanksi baru PBB terhadap Korea Utara menuai pujian yang jarang bagi Presiden Donald Trump dari anggota terdepan Partai Demokrat yang tidak mengenal kata-kata manis bagi presiden.

Senator Maryland Ben Cardin, anggota fraksi Demokrat dari Komisi Hubungan Luar Negeri, menilai resolusi pengetatan sanksi yang disponsor Amerika sebagai "langkah bagus" dan "pencapaian besar". Cardin mengatakan langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah diplomasi. Ia mengatakan Tiongkok dan Amerika harus bekerja dengan "strategi yang sama" untuk meredakan ketegangan dan memaksa Korea Utara berubah.

Resolusi yang dikeluarkan Dewan Keamanan dengan suara bulat pada hari Jumat itu semakin membatasi jumlah bensin dan solar yang boleh diimpor Korea Utara. Juga akan ada inspeksi lebih ketat terhadap kapal-kapal yang dicurigai membawa batubara dan minyak secara ilegal ke Korea Utara.

Korea Utara menyebut sanksi terbaru itu "tindakan perang" dan "setara blokade total ekonomi."

Pernyataan kantor berita resmi Korea Utara menyebutkan Pyongyang "secara tegas menolak resolusi itu", menganggapnya aksi teror Amerika sebagai reaksi atas program nuklir dan rudal Korea Utara yang berhasil. [ka]

XS
SM
MD
LG