Tautan-tautan Akses

Demokrat Minta Wapres AS Bahas Assange dengan Ekuador


Pendiri WikiLeaks Julian Assange berdiri di balkon Kedutaan Besar Ekuador sebelum memberikan sambutan, di London, 19 Mei 2017.
Pendiri WikiLeaks Julian Assange berdiri di balkon Kedutaan Besar Ekuador sebelum memberikan sambutan, di London, 19 Mei 2017.

Sejumlah anggota fraksi Demokrat di Senat Amerika, Rabu (27/6/2018), menyerukan kepada Wakil Presiden Mike Pence untuk menekan pemerintah Ekuador tentang suaka yang diberikannya kepada pendiri WikiLeaks, Julian Assange.

Menurut laporan kantor berita Associated Press, dalam surat yang ditujukan kepada Pence, Senator Robert Menendez, tokoh berpengaruh fraksi Demokrat di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, dan sembilan senator laindari fraksi sama, amat cemas terhadap perlindungan yang diberikan Ekuador pada Assange di kedutaan besar Ekuador di London.

Pence singgah di Ekuador, Rabu, sebagai bagian dari lawatan ke tiga negara di Amerika Latin. Pence dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Ekuador Lenin Moreno untuk membahas perdagangan dan krisis di Venezuela.

Ekuador memberikan suaka kepada Assange 2012, yang ketika itu mencari perlindungan supaya tidak diekstradisi ke Swedia untuk diselidiki terkait klaim seksual.

Swedia telah mencabut kasus itu, tetapi Assange masih dapat ditahan di Inggris karena mengingkari jaminan. Ia juga khawatir dengan kemungkinan permohonan ekstradisi Amerika karena pembocoran sejumlah dokumen rahasia Departemen Luar Negeri.

Surat para senator itu mengatakan Assange dan WikiLeaks merilis informasi yang telah diretas itu untuk mempengaruhi pemilu presiden Amerika pada 2016, dan bahwa WikiLeaks telah merongrong demokrasi secara global. [em/al]

XS
SM
MD
LG