Tautan-tautan Akses

Demam, Paus Fransiskus Batalkan Ikut Retret Jelang Paskah


Paus Fransiskus tampak menyeka hidungnya dengan sapu tangan dalam prosesi penyesalan pada Rabu Abu di Vatikan (26/2).

Paus Fransiskus hari Minggu (1/3) mengatakan tidak akan ikut dalam retret spiritual selama enam hari yang direncanakan berlangsung di selatan kota Roma karena “pilek.”

Paus berusia 83 tahun itu sudah dua kali menderita batuk yang memaksanya tidak menemui kerumunan massa dan menutup mulutnya pada hari yang mendung dan berangin di Lapangan Santo Petrus.

“Sayangnya pilek memaksa saya untuk tidak memaksakan diri ikut dalam acara tahun ini,” ujarnya setelah menyampaikan doa dan sambutan soal krisis migran di perbatasan Turki dan Yunani.

Retret tahunan itu dimulai hari Minggu (1/3) tetapi hanya akan diikuti oleh anggota-anggota tim pemerintahan Tahta Suci.

Jumlah kasus virus korona di Italia sudah melampaui 1.000 orang Sabtu lalu (29/2), sementara jumlah korban meninggal terus meningkat.

Associated Press melaporkan 29 kematian yang sudah dikukuhkan dan 105 orang dirawat intensif di rumah sakit, semuanya terkait dengan tiga kasus di wilayah utara, di dekat Milan.

Vatikan dengan cepat mematahkan spekulasi bahwa Paus tertular virus korona. “Tidak ada bukti yang menunjukkan hal itu selain diagnosa penyakit ringan,” ujar juru bicara Vatikan kepada kantor berita Perancis AFP.

Paus terlihat relatif sehat hari Minggu, meskipun batuk-batuk.

Ia beberapa kali tersenyum dan membahas berbagai masalah teologis sebelum mengalihkan perhatiannya pada nasib ribuan migran dari Turki yang berkumpul di perbatasan barat menuju ke Yunani. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG