Tautan-tautan Akses

Delegasi Internasional Galang 43,6 Miliar Dolar untuk Darfur


Para pengungsi Darfur, Sudan (foto: dok). Konferensi donor di Qatar menjanjikan $3,6 miliar untuk membangun kembali Dafur.
Para pengungsi Darfur, Sudan (foto: dok). Konferensi donor di Qatar menjanjikan $3,6 miliar untuk membangun kembali Dafur.

Delegasi dalam konferensi donor di Qatar telah menjanjikan $3,6 miliar untuk membangun kembali wilayah Dafur yang dikoyak perang di Sudan.

Para pejabat Qatar mengumumkan jumlah itu pada akhir konferensi dua hari untuk menggalang dana bagi pembangunan dan rekonstruksi di Darfur.

Meskipun tidak diberikan perinciannya, angka itu termasuk $500 juta yang dijanjikan oleh Qatar dan $35 juta dari Uni Eropa.

Sebelum dimulainya konferensi itu pada hari Minggu, Inggris menjanjikan $100 juta untuk Sudan selama tiga tahun, dan sekitar separuh jumlah itu dialokasikan untuk Darfur.

Darfur telah dikoyak perang dan kekerasan sejak kelompok-kelompok pemberontak melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah pusat Sudan tahun 2003.

PBB memperkirakan lebih dari 300.000 orang tewas dan hampir dua juta warga sipil terpaksa mengungsi. Pertempuran berkala dan bentrokan antar suku masih terus terjadi.

Recommended

XS
SM
MD
LG