Tautan-tautan Akses

Delegasi AS Kunjungi Kyiv, Janji Lanjutkan Dukungan


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah-kanan) berfoto dengan Pemimpin Minoritas Senat AS Mitch McConnell (kiri tengah), yang memimpin delegasi senator Republik ke Ukraina, di Kyiv, 14 Mei 2022, sebagai ilustrasi.

Delegasi Kongres AS bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Kyiv pada Sabtu (23/7) dan berjanji akan berusaha menjamin kelanjutan dukungan dalam perang melawan Rusia.

Delegasi itu, yang termasuk anggota DPR Adam Smith, Kepala Komite Angkatan Bersenjata DPR, adalah yang terbaru dari sejumlah tokoh AS yang mengunjungi Ukraina.

"AS, bersama para sekutu dan mitra-mitra di seluruh dunia, mendukung Ukraina dengan memberikan bantuan ekonomi, militer dan kemanusiaan," kata delegasi itu dalam pernyataan.

"Kami akan terus berusaha mencari cara untuk mendukung Presiden Zelenskiy dan rakyat Ukraina seefektif mungkin sementara mereka terus membela diri," tambahnya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada Rabu (20/7) bahwa Washington akan mengirim empat sistem roket artileri mobilitas tinggi tambahan ke Ukraine, sehingga total yang telah disediakan menjadi 16.

Pernyataan dari delegasi itu pada Sabtu (23/7) tidak menyinggung secara spesifik mengenai penyaluran senjata. [vm/ft]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG