Tautan-tautan Akses

AS

Defisit Anggaran AS $204,9 Miliar untuk November


Gedung Capitol di Washington, D.C.

Defisit anggaran federal melonjak, menjadi $204,9 miliar, tertinggi untuk November. Tetapi bagian besar kenaikan itu mencerminkan kekhasan kalender keuangan.

Dalam laporan anggaran bulanan, Departemen Keuangan, Kamis (13/12) mengatakan defisit untuk November lebih tinggi sebanyak $66,4 miliar daripada defisit pada November 2017.

Tetapi $44 miliar dari jumlah itu mencerminkan fakta bahwa tunjangan Desember untuk banyak program pemerintah dibayarkan pada November tahun ini karena 1 Desember jatuh pada Sabtu (15/12).

Dalam dua bulan pertama tahun anggaran ini, defisit total $305,4 miliar, naik 51,4 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pemerintah Trump memproyeksikan defisit tahun ini akan mencapai $1 triliun, mencerminkan kenaikan pengeluaran pemerintah dan hilangnya pendapatan dari pemotongan besar pajak.

Laporan baru itu menunjukkan, tarif yang lebih tinggi akibat kebijakan perdagangan Presiden Donald Trump tercermin dalam total anggaran itu. Tarif bea cukai mencapai $6 miliar pada November, naik 99 persen dari November 2017.

Trump memberlakukan tarif atas impor baja dan aluminium dari sejumlah negara dan terhadap impor China bernilai $250 miliar karena pemerintah berusaha menekan negara-negara lain untuk mengurangi hambatan terhadap ekspor Amerika. Namun, China dan negara-negara lain membalas dengan memberlakukan tarif penalti atas ekspor Amerika, memicu perang perdagangan.[ka]

.

XS
SM
MD
LG