Tautan-tautan Akses

Berkumpul di Davos, Elit Dunia Diminta Prioritaskan Kemanusiaan


Logo Forum Ekonomi Dunia di jendela gedung tempat pertemuan tahunan berlangsung di Davos, Swiss (15/1). (AP/Michel Euler)

Dunia diliputi oleh sikap sinis dan pesimis, dan diperlukan perbaikan atas kekurangan-kekurangan dalam kapitalisme serta pemulihan tatanan sosial.

Pendiri Forum Ekonomi Sedunia di Davos mengatakan waktunya telah tiba untuk memprioritaskan “kemanusiaan,” dan bukan “robotisasi dan globalisasi.”

Klaus Schwab berbicara Senin (16/1) ketika pemimpin-pemimpin politik, ekonomi dan sosial berkumpul di Davos, Swiss untuk diskusi tahunan seputar ekonomi dan masalah lain.

Dalam pidatonya di hadapan anggota keluarga kerajaan, perdana menteri, CEO dan elit lain, Schwab mengatakan waktunya sudah tiba untuk menggairahkan kembali ekonomi global, menciptakan lapangan pekerjaan, serta memulihkan kepercayaan terhadap masa depan.

Dia mengatakan, dunia diliputi oleh sikap sinis dan pesimis, serta menyerukan hadirin agar memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam kapitalisme serta memulihkan tatanan sosial.

Pemilih yang marah dan kecewa baru-baru ini mengejutkan para elit dengan menarik Inggris dari Uni Eropa serta memilih orang luar lingkaran politik Donald Trump menjadi presiden Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG