Tautan-tautan Akses

Daerah Perdesaan India yang Luas Terhubung ke Ekonomi Digital


Perdana Menteri India Narendra Modi, menyapa massa setelah memberikan pidato kenegaraan pada Hari Kemerdekaan India, di New Delhi, 15 Agustus 2022 (foto: dok).
Perdana Menteri India Narendra Modi, menyapa massa setelah memberikan pidato kenegaraan pada Hari Kemerdekaan India, di New Delhi, 15 Agustus 2022 (foto: dok).

Sebuah inisiatif di India untuk membawa akses internet ke seluruh negeri, membantu jutaan orang terhubung ke teknologi digital baru. Salah satunya adalah sistem pembayaran yang mengubah cara bisnis dilakukan di daerah pedesaan yang luas di negara itu.

Tahun lalu, transformasi dramatis tampak dalam cara pelanggan membayar kepada para pedagang desa di India Utara. Alih-alih uang tunai, mereka menggunakan sistem sederhana yang melibatkan pemindaian kode pada telepon pintar untuk melakukan pembayaran online.

Pemilik dan pedagang sayuran Nishant Sharma mengatakan, “Bahkan jika seseorang hanya membeli setengah kilogram sayuran, dia bisa membayar secara digital. Kami dapat melakukan transaksi terkecil sekalipun. ”

Karena akses internet dan telpon pintar yang terjangkau bisa menjangkau kelompok berpenghasilan rendah di India, maka kios dan toko kecil beralih ke pembayaran digital, seperti halnya toko-toko di kota besar.

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan pada pidato Hari Kemerdekaan, inovasi semacam itu bermanfaat bagi daerah pedesaan.

“Kini 40% dari transaksi digital waktu sebenarnya, yang dilakukan di dunia terjadi di India,” kata Modi.

Ini adalah salah satu teknologi transformasional yang menghubungkan daerah pedesaan India ke era digital, karena ekonomi informal negara yang didominasi uang tunai kini beralih ke daring. [ps/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG