Tautan-tautan Akses

Cuaca Hangat Bisa Percepat Mekarnya Sakura di Washington


Pohon sakura yang sedang mekar di National Mall dekat Capitol di Washington, DC. (Foto: Dok)
Pohon sakura yang sedang mekar di National Mall dekat Capitol di Washington, DC. (Foto: Dok)

Cuaca yang sangat hangat tidak seperti biasanya pada Februari di ibukota Amerika, Washington, DC telah mendorong Dinas Pertamanan AS untuk mengganti perkiraan mekarnya bunga sakura atau yang disebut cherry blossom, dan akan mengumumkan hari Rabu kapan waktu puncak mekarnya bunga asal Jepang itu.

Festival tahunan Bunga Sakura biasanya bertepatan dengan puncak mekarnya bunga dari hampir 1.700 pohon sakura yang menghiasi tepi sungai Potomac di Washington, DC.

Bagaimanapun juga, waktu mekarnya bunga sakura sangat dipengaruhi oleh cuaca, yang dapat berkisar selama empat minggu dari tahun ke tahun. Cuaca musim dingin yang hangat tahun ini diperkirakan akan mendorong mekarnya bunga-bunga sakura itu pertengahan Maret ini.

Festival Bunga Sakura yang berlangsung selama sekitar empat minggu, menjadi tema wisata bagi para turis, yang menandai datangnya musim semi, dan sekaligus memperingati pemberian pohon sakura oleh pemerintah Jepang kepada Amerika tahun 1912.

Bunga sakura merupakan salah satu atraksi wisata terbesar di kota Washington, DC yang berlangsung empat sampai 10 hari, tergantung pada cuaca.

Cuaca yang sejuk dan tenang membuat bunga mekar lebih lama, sedangkan hujan dan angin menyebabkan bunga sakura rontok dengan cepat. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG