Tautan-tautan Akses

AS

COVID-19 di AS Bertransformasi, Tak Separah Sebelumnya


Seorang petugas kesehatan di Albanian Islamic Cultural Center, New York, menyiapkan suntikan vaksin COVID-19, 8 April 2021. (Foto: Mary Altaffer/AP)

Virus corona yang cepat berubah telah mewarnai musim panas di Amerika Serikat (AS) dengan banyak penularan tapi jauh lebih sedikit kematian dibandingkan dengan virus corona sebelumnya.

COVID-19 masih membunuh ratusan warga AS setiap hari, tapi tidak sebahaya pada musim gugur dan musim dingin lalu.

"Ini akan jadi musim panas yang baik dan kita layak menerima masa rehat ini," kata Ali Mokdad, profesor ilmu metrik kesehatan University of Washington di Seattle.

Dengan semakin banyaknya warga AS yang terhindar dari penyakit parah lewat vaksinasi dan infeksi, COVID-19 telah bertransformasi -- setidaknya untuk sekarang ini -- menjadi gangguan yang tidak enak dan tidak nyaman bagi banyak orang.

"Rasanya cukup baik sekarang," kata Dr. Dan Kaul, pakar penyakit menular University of Michigan Medical Center di Ann Arbor. "Untuk pertama kalinya sejak saya ingat, sejak pandemi dimulai, tidak ada pasien COVID-19 di ICU."

Saat ini jumlah rata-rata kematian harian akibat COVID-19 di AS berkisar sekitar 360. Tahun lalu, pada musim panas, angkanya sekitar 228 pada awal Juli. Angka tersebut merupakan yang terendah dalam data kematian harian di AS sejak Maret 2020, ketika virus itu pertama kali mulai menyebar di AS. [vm/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG