Tautan-tautan Akses

Clinton Minta Kerjasama Tiongkok soal Korut, Iran


Menlu AS Hillary Clinton bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao, dan membahas serangkaian negosiasi terbaru di forum Dewan Keamanan PBB.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menghimbau Tiongkok agar bekerjasama dalam menyusun sebuah tanggapan internasional atas Korea Utara dan Iran. Clinton mengungkapkan hal tersebut pada hari Senin, di awal pembicaraan bilateral di Beijing.

Clinton mengatakan kedua negara bekerjasama tahun lalu di forum Dewan Keamanan PBB dalam mengenakan sanksi atas Korea Utara, setelah negara itu melakukan uji coba senjata nuklir.

Clinton juga menekankan pembicaraan pada serangkaian negosiasi terbaru di Dewan Keamanan PBB yang menghasilkan rancangan resolusi. Rancangan tersebut akan mengenakan sejumlah langkah baru atas Iran terkait program nuklirnya.

Menyinggung isu HAM, Clinton mengatakan AS dan Tiongkok tidak akan setuju dalam semua isu, tetapi akan berdiskusi secara terbuka.

Presiden Tiongkok Hu Jintao mengatakan dalam acara pembukaan pertemuan politik dan ekonomi tersebut, bahwa kedua negara perlu memperkuat kerjasama kebijakan ekonomi. Namun, ia juga mengatakan Tiongkok akan mengatur sendiri reformasi nilai tukar mata uangnya.

XS
SM
MD
LG