Tautan-tautan Akses

Clinton ke Timur Tengah untuk Lanjutkan Perundingan Perdamaian


Menlu AS Clinton akan menengahi perundingan perdamaian tahap kedua antara Israel dan Palestina pekan ini.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bertolak ke Timur Tengah hari ini. Di sana, Clinton akan menengahi perundingan perdamaian tahap kedua antara Israel dan Palestina pekan ini.

Clinton dan Utusan Khusus AS untuk Timur Tengah George Mitchell akan menghadiri perundingan Selasa besok di tempat peristirahatan Sharm el-Sheik di Mesir, dan Rabu lusa di Jerusalem.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengutarakan Ahad kemarin, Israel tidak akan memperpanjang moratorium pembangunan permukiman di Tepi Barat, tetapi mengisyaratkan bahwa akan ada pembatasan dalam pembangunan tersebut. Penghentian pembangunan sebagian yang berlangsung selama 10 bulan itu akan berakhir pada tanggal 26 September mendatang.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah mengancam akan keluar dari proses perundingan Timur Tengah apabila pembangunan dimulai kembali. Kata Netanyahu, konstruksi permukiman tidak akan dibekukan lagi, tetapi menambahkan, Israel tidak akan membangun "puluhan ribu unit rumah," sebagaimana yang direncanakan semula.

XS
SM
MD
LG