Tautan-tautan Akses

Clinton Bantu John Kerry pada Transisi Kepemimpinan di Deplu AS


Senator John Kerry (kiri) yang dinominasikan Presiden Obama untuk menjabat Menlu AS, bersama Menlu Hillary Clinton yang akan digantikannya (foto: dok).
Senator John Kerry (kiri) yang dinominasikan Presiden Obama untuk menjabat Menlu AS, bersama Menlu Hillary Clinton yang akan digantikannya (foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton kembali bekerja pekan ini, untuk membantu transisi kepemimpinan di Departemen Luar Negeri, setelah ia mengundurkan diri nanti.

Hillary Clinton mengatakan pekan-pekan terakhir pengunduran dirinya terasa “pahit” karena pengalaman-pengalaman “luar biasa” yang dialaminya, dan “tim yang mengagumkan” yang bekerjasama dengannya.

Senator dari Massachusetts John Kerry adalah pilihan Presiden Barack Obama untuk menjadi menteri luar negeri berikutnya. John Kerry sudah diberi penjelasan oleh para pejabat Departemen Luar Negeri menjelang sidang dengar pendapat konfirmasinya.

Pernyataan-pernyatan Hillary Clinton tadi merupakan ucapan di hadapan publik pertamanya sejak kembali bekerja pekan ini, setelah upaya pemulihan diri selama satu bulan dari penyakit perut dan penggumpalan darah di kepala.

Begitu banyak spekulasi tentang apa yang akan dilakukannya setelah meninggalkan Departemen Luar Negeri. Para pendukungnya bersemangat menanti tanda-tanda jika ia mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden tahun 2016 nanti.

Hillary Clinton mengatakan ia berencana membantu mengumpulkan dana bagi sesama anggota Partai Demokrat dan berkampanye tentang isu-isu sosial, termasuk pendidikan dasar serta kesehatan ibu dan anak.
XS
SM
MD
LG