Tautan-tautan Akses

China Umumkan Sanksi Terhadap Legislator AS Terkait Isu Uighur


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, di Beijing, China. (Foto: dok).

China memberlakukan sanksi-sanksi terhadap tiga legislator AS sebagai pembalasan atas sanksi-sanksi pemerintahan Presiden Donald Trump terkait perlakuan Beijing terhadap Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, Senin (13/7) mengumumkan sanksi terhadap legislator dari partai Republik, Senator Ted Cruz dan Marco Rubio, dan anggota DPR Chris Smith.

Hua juga mengatakan sanksi-sanksi telah diberlakukan terhadap Sam Brownback, Duta Besar Keliling AS untuk Kebebasan Beragama Internasional, dan Komite Eksekutif mengenai China di Kongres AS, suatu panel gabungan Kongres-Gedung Putih yang dibentuk untuk “memantau hak asasi dan perkembangan supremasi hukum” di China. Rubio adalah salah seorang ketua di panel tersebut, sedangkan Smith adalah anggota senior dan mantan ketua bersama komite itu.

“Sanksi-sanksi yang serupa” itu diumumkan beberapa hari setelah pemerintahan Trump menerapkan sanksi-sanksi finansial terhadap beberapa pejabat tinggi China, di antaranya Chen Quanguo, ketua Partai Komunis China di Xinjiang.

Presiden Donald Trump menandatangani legislasi bulan lalu yang mengizinkan sanksi-sanksi diberlakukan terkait penahanan massal hingga 1 juta Muslim etnik Uighur dan minoritas Muslim lainnya di Provinsi Xinjiang.

Hubungan antara kedua ekonomi terbesar dunia ini telah memburuk dalam beberapa bulan belakangan karena sejumlah isu, termasuk di antaranya masalah perdagangan dan hak asasi manusia terkait Hong Kong, Taiwan, dan juga Xinjiang. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG