Tautan-tautan Akses

China Tunjuk Direktur Baru Kantor Urusan Hong Kong


China mengganti direktur kantor pemerintahan yang menangani masalah Hong Kong, Kamis (13/2). (Foto: dok).

China telah mengganti direktur kantor pemerintahan yang menangani masalah Hong Kong, di mana demonstran pro-demokrasi menggelar serangkaian aksi protes besar-besaran dan sering diwarnai kekerasan, tahun lalu, menentang cengkeraman kekuasaan Beijing yang kian menguat di wilayah itu.

Zhang Xiaoming, dialihtugaskan menjadi wakil direktur operasional harian.
Zhang Xiaoming, dialihtugaskan menjadi wakil direktur operasional harian.

Pemerintah mengeluarkan sebuah pernyataan, Kamis (13/2), yang mengumumkan bahwa Xia Baolong telah ditunjuk untuk memimpin kantor di Hong Kong itu, yang juga mengontrol kota judi Makau. Ia menggantikan Zhang Xiaoming, yang telah dialihtugaskan menjadi wakil direktur operasional harian.

Xia sebelumnya, selama beberapa tahun, dikenal sebagai salah satu pejabat partai di provinsi Zhejiang dan memiliki hubungan dengan Presiden Xi Jinping, yang dulunya menjabat sebagai ketua partai untuk provinsi Zhejiang dari tahun 2002 hingga 2007.

Protes yang dimulai Juni lalu terkait RUU yang memungkinkan kriminal diekstradisi ke China daratan telah berubah menjadi tuntutan akan demokrasi yang lebih besar bagi wilayah itu. Tuntutan mayoritas warga Hong Kong tersebut merupakan tantangan terbesar yang dihadapi Partai Komunis yang berkuasa sejak Inggris mengembalikan Hong Kong ke pemerintahan China pada 1997. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG