Tautan-tautan Akses

China Tidak Impor Bijih Besi, Batu Bara dari Korut Selama November


Seorang tentara Korea Utara berjaga di depan karung-karung berisi bijih mineral di tepi Sungai Yalu, dekat Kota Sinuiju Korea Utara yang berbatasan dengan Kota Dandong di China, 28 Desember 2011. (Foto:Dok)

China tidak mengimpor bijih besi, batu bara atau timbal dari Korea Utara selama November, satu bulan penuh kedua dari penerapan sanksi perdagangan terhadap Pyongyang pleh PBB, data Dinas Bea Cuka China menunjukkan, Selasa (26/13), seperti dilaporkan Reuters.

Ekonomi terbesar kedua di dunia juga tidak mengekspor bensin, avtur, solar ke negara tetangga yang terisolasi tersebut, menurut data bea cukai.

Dewan Keamanan PBB secara bulat menerapkan sanksi baru terhadap Korea Utara pada Agustus, yang bisa mengurangi pendapatan dari ekspor tahunan Korea Utara sebanyak 3 miliar dolar. Sanksi adalah respond terhadap peluncuran uji coba misil balistik Korea Utara pada Juli.

Data Bea Cukai menunjukkan ekspor gas alam cair ke Korea Utara naik sebanyak 58,3 persen November menjadi 99 ton, dibandingkan setahun yang lalu. Sedangkan ekspor ethanol naik 82 persen menjadi 3.428 meter kubik. [fw]

XS
SM
MD
LG