Tautan-tautan Akses

China Resmikan Bandara Internasional Kedua


Peresmian Bandara Internasional Daxing yang baru menjelang peringatan berdirinya Republik Rakyat China ke-70 di Beijing, 25 September 2019. (Foto: Reuters/Thomas Suen)

Presiden China Xi Jin-ping Rabu (25/9) meresmikan Bandara Internasional Beijing yang kedua. Bandara tersebut memiliki bangunan terminal terbesar di dunia.

Beijing Daxing International Airport (BCIA) mulai beroperasi hanya beberapa hari menjelang ulang tahun ke-70 kekuasaan Partai Komunis di China pada 1 Oktober.

Pada awalnya bandara ini hanya akan digunakan untuk penerbangan domestik. Namun dipastikan akan melayani pula 112 penerbangan tujuan internasional pada musim semi mendatang.

Bandara ini memiliki bentuk seperti “starfish” atau ikan bintang, dan dibangun kurang dari lima tahun. Pembangunannya menelan dana hampir AS$17 miliar.

Dirancang oleh arsitek Zaha Hadid, bandara ini dilengkapi dengan empat landasan, dan menurut rencana akan dibangun tiga landasan tambahan di masa mendatang.

Meskipun luas terminal utama mencapai 1 juta meter persegi, atau seukuran dengan 100 lapangan sepak bola, namun seorang pejabat memastikan, konsumen hanya perlu berjalan tidak lebih dari 600 meter untuk mencapai gate terjauh.

China diramalkan akan melampaui Amerika sebagai pasar perjalanan udara terbesar pada 2022. Daxing akan mampu melayani 72 juta penumpang per tahun, dan pada akhirnya akan memiliki kapasitas 100 juta penumpang per tahun. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG