Tautan-tautan Akses

China Kritik Pertemuan Soal Korut yang Dijamu AS dan Kanada


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang (Foto: dok).

China hari Rabu (17/1) mengatakan “pemikiran Perang Dingin” melatarbelakangi pertemuan para sekutu Amerika mengenai cara menghadapi ancaman nuklir Korea Utara, dan menambahkan bahwa ini meningkatkan risiko pertentangan opini internasional mengenai masalah tersebut.

China tidak diundang ke pertemuan 20 negara di Vancouver dan juru bicara kementerian luar negeri China Lu Kang mengatakan tidak diundangnya China dan negara-negara lain yang tersangkut dalam hal tersebut tidak akan membantu pencarian penyelesaian.

“Pertemuan itu yang dijamu oleh Amerika dan Kanada atas nama Komando PBB tampaknya mencerminkan pemikiran Perang Dingin,” kata Lu. “Untuk mengadakan pertemuan di mana pihak-pihak utama masalah nuklir Semenanjung Korea tidak diwakili tidak akan membantu memajukan penyelesaian yang wajar mengenai masalah itu.”

China adalah sekutu ekonomi dan diplomatik utama Korea Utara tetapi telah mendukung sanksi PBB yang semakin keras terhadap rejim Kim Jong-un.
China berpendapat bahwa Dewan Keamanan PBB dan pembicaraan enam negara dengan tuan rumah Beijing, melibatkan Korea Utara dan Selatan, Rusia, Amerika, Jepang dan China merupakan satu-satunya tempat multilateral yang wajar untuk membicarakan masalah nuklir Korea Utara. [gp]

XS
SM
MD
LG