Tautan-tautan Akses

China Kirim Utusan Khusus ke Korut


Song Tao (kanan), kepala Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis China yang berkuasa, berbicara dengan sesama peserta sebelum dimulainya sesi pembukaan Kongres ke-19 Partai China di Beijing, 18 Oktober 2017 (Foto: dok).

China akan mengirim utusan khusus ke Korea Utara pekan ini.

Kantor berita pemerintah China, Xinhua, mengatakan, Song Tao, kepala departemen urusan eksternal Partai Komunis China akan berangkat ke Korea Utara, Jumat (15/11), untuk membahas kongres nasional China yang baru saja berakhir dengan para pejabat Korea Utara. Laporan itu tidak merinci lebih jauh rencana kunjungan Song ke Pyongyang itu.

China adalah mitra dagang terbesar dan sekutu terdekat Korea Utara, tapi hubungan kedua negara meregang baru-baru ini. Beijing marah karena rezim di Pyongyang mengabaikan sejumlah sanksi internasional dengan terus melakukan uji senjata nuklir dan misil balistik. Beijing sendiri telah mendukung serangkaian sanksi PBB yang diberlakukan terhadap Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak China dan para pemimpin regional untuk meningkatkan usaha mereka menyelesaikan krisis di Semenanjung Korea itu dalam kunjungan selama 12 harinya ke lima negara Asia.

Namun China khawatir setiap langkah yang dapat menggulingkan rezim pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan mengakibatkan banjir pengungsi ke kawasan China yang berbatasan dengan Korea Utara. Situasi itu juga akan mengakibatkan Beijing kehilangan zona penyangga strategis dalam berurusan dengan Korea Selatan. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG