Tautan-tautan Akses

China Kecam Pembicaraan Perdagangan AS-Taiwan


Seorang wanita mengenakan masker duduk di dekat layar yang menunjukkan bendera China dan AS saat dia mendengarkan pidato tentang hubungan kedua negara.
Seorang wanita mengenakan masker duduk di dekat layar yang menunjukkan bendera China dan AS saat dia mendengarkan pidato tentang hubungan kedua negara.

China pada hari Kamis (2/6) mengatakan “dengan tegas menentang” pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Taiwan setelah Taipei dan Washington mengumumkan peluncuran inisiatif baru untuk memperdalam hubungan ekonomi.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan berusaha membuatnya tetap terisolasi di panggung dunia, menentang segala upaya untuk memperlakukan demokrasi yang berpemerintahan sendiri itu sebagai negara merdeka.

“China selalu menentang segala bentuk pertukaran resmi antara negara mana pun dan wilayah Taiwan di China, termasuk negosiasi dan penandatanganan perjanjian ekonomi dan perdagangan apa pun dengan konotasi kedaulatan dan sifat resmi,” kata juru bicara kementerian perdagangan Gao Feng.

Washington berusaha meningkatkan pengaruhnya di kawasan itu untuk melawan Beijing dan Presiden AS Joe Biden mendapat tekanan bipartisan dari anggota Kongres AS untuk memperdalam hubungan dengan Taiwan.

Pembicaraan yang diumumkan pada hari Rabu – “Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21” – dilakukan setelah kesepakatan perdagangan yang diumumkan minggu lalu antara Amerika Serikat dan 12 ekonomi Asia, yang mengecualikan Taiwan.

Seperti perjanjian perdagangan sebelumnya, diskusi dengan Taiwan tidak akan melibatkan tarif atau akses pasar yang memerlukan persetujuan Kongres, kata para pejabat AS.

Dalam sebuah pernyataan, Perwakilan Dagang AS mengatakan bahwa “kedua pihak akan bekerja untuk mengembangkan peta jalan yang ambisius untuk mencapai kesepakatan dengan komitmen standar tinggi dan hasil yang berarti secara ekonomi.” [lt/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG