Tautan-tautan Akses

China Katakan Tindakan AS Rusak Hubungan


Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi (kanan), berbincang dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kiri), sebelum pertemuan bilateral di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing, China, 8 Oktober 2018.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan keprihatinan tentang tindakan pemerintah masing-masing dalam pertemuan di Beijing, Senin (8/10).

Wang mengatakan Amerika telah meningkatkan ketegangan perdagangan antara kedua pihak dan berhubungan dengan Taiwan dengan cara yang menurut China tidak pantas. Dia mengatakan tindakan tersebut telah mempengaruhi kepercayaan antara Amerika dan China dan bahwa Amerika harus menghentikan “tindakan keliru semacam ini.”

Menjelang pembicaraan dengan menteri luar negeri China, Pompeo menjawab bahwa Amerika juga memiliki keprihaninannya sendiri tentang tindakan China, dan bahwa dia berharap untuk mendiskusikannya.

Pompeo singgah di China setelah mengunjungi Korea Selatan di mana dia mengatakan dia dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un “memperbaiki pilihan lokasi dan tanggal” untuk “KTT kedua mendatang” antara Kim dan Presiden Donald Trump. Keduanya bertemu untuk pertama kalinya di Singapura pada bulan Juni lalu. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG