Tautan-tautan Akses

China Janjikan 300.000 Dosis Vaksin untuk Myanmar


Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Naypyitaw, Myanmar (11/1).
Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi (kanan) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Naypyitaw, Myanmar (11/1).

Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah berjanji akan memberi Myanmar 300.000 dosis vaksin virus corona, menurut situs web Penasihat Negara dan kepala negara de facto Aung San Suu Kyi.

Situs tersebut mengatakan Wang juga berjanji dalam kunjungan ke Naypyitaw minggu ini bahwa China akan mempertahankan momentum pada sejumlah proyek bilateral.

Kunjungan Wang hari Senin itu merupakan bagian dari kunjungannya di Asia Tenggara yang diperpanjang hingga Sabtu, yang mencakup Indonesia, Brunei, dan Filipina. Ini adalah kunjungan diplomatik pertama ke Myanmar sejak pemilu tahun lalu, di mana partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Suu Kyi mendapatkan mayoritas kursi di badan legislatif.

Kunjungan Wang ke Myanmar itu adalah yang kelima sejak NLD pertama kali memenangkan pemilihan pada tahun 2015. Ia ikut serta dalam kunjungan Presiden China Xi Jinping ke negara itu setahun yang lalu, ketika kedua negara menandatangani lebih dari 30 perjanjian bilateral.

Sehari sebelum kunjungan terakhir itu, Myanmar dan China menandatangani nota kesepahaman untuk melakukan studi kelayakan pada proyek kereta api sepanjang 650 kilometer untuk menghubungkan Mandalay – kota terbesar kedua di Myanmar – dengan Kyaukphyu, kota besar di negara bagian Rakhine.

Proyek iitu dianggap penting bagi upaya China untuk mendapatkan akses langsung ke Samudera Hindia, termasuk sebuah pelabuhan laut dalam dan awal dari sepasang pipa minyak dan gas sepanjang 700 kilometer dari perbatasan dengan provinsi Yunnan di China. [lt/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG