Tautan-tautan Akses

China Ingin Bahas Korut Bersama Anggota DK PBB


Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat menghadiri perayaan 50 tahun ASEAN Regional Forum di Manila, Filipina, 8 Agustus 2017.

China ingin membahas Korea Utara dengan para anggota lain Dewan Keamanan PBB setelah Pyongyang meluncurkan misil melewati Jepang, Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan hari Rabu (30/8).

Berbicara dalam jumpa pers di Beijing, Wang Yi menghimbau agar semua pihak tetap berpegang pada cara-cara diplomatik untuk menemukan solusi menyelesaikan ketegangan di Semenanjung Korea.

Sementara itu, peluncuran misil terbaru Pyongyang dapat meningkatkan tekanan terhadap Washington untuk mempertimbangkan kemungkinan menembak jatuh misil Korea Utara pada masa depan, meskipun tidak ada jaminan sukses dan para pejabat Washington mengkhawatirkan eskalasi ketegangan, kata seorang pejabat di Washington.

Perhatian, menurut pejabat itu, mungkin akan lebih terfokus pada pertimbangan untuk mencegat misil dalam penerbangan setelah Korea Utara hari Selasa melakukan peluncuran paling nekad dalam bertahun-tahun.

Keputusan itu tidak akan diambil tanpa pertimbangan masak-masak mengingat ketegangan terkait program misil dan nuklir Korea Utara. [ds]

XS
SM
MD
LG