Tautan-tautan Akses

China Hukum Aktivis Taiwan 5 Tahun Penjara


Istri Lee Ming-cheh, Lee Ching-yu menggelar konferensi pers yang menyerukan pembebasan bagi suaminya. (Foto: dok). Pengadilan China menghukum Lee Ming-cheh lima tahun penjara, Selasa (28/11).

Pengadilan China menghukum seorang aktivis Taiwan lima tahun penjara hari Selasa (28/11) atas tuduhan berusaha menumbangkan kekuasaan negara itu.

Lee Ming-cheh, yang tiba di pengadilan dengan sweater hijau, juga kehilangan hak politiknya selama dua tahun. Dalam sidang bulan September lalu dia mengaku telah menulis dan mendistribusikan artikel yang mengkritik Partai Komunis China yang berkuasa.

Seorang terdakwa lainnya bernama Peng Yuhua dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara dan dia juga kehilangan hak politiknya selama dua tahun.

Pengadilan mengatakan kedua pria tersebut menyatakan bahwa mereka tidak akan mengajukan banding atas hukuman masing-masing.

Presiden Xi Jinping, yang mengonsolidasikan kekuasaan pada kongres Partai Komunis bulan lalu, telah membungkam perbedaan pendapat dan memperketat kontrol terhadap gerakan masyarakat madani sejak berkuasa pada tahun 2012. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG