Tautan-tautan Akses

China, Ekuador Siap Tingkatkan Kerja Sama


Presiden China Xi Jinping: China siap bekerja sama dengan Ekuador. (Foto: dok).

Presiden China Xi Jinping mengatakan, Senin (30/8), bahwa China siap bekerja sama dengan Ekuador untuk mencapai lebih banyak hasil dalam kerja sama praktis bilateral dan menciptakan lebih banyak manfaat bagi rakyat kedua negara.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Ekuador Guillermo Lasso, Xi mengatakan bahwa sejak merebaknya wabah COVID-19, China dan Ekuador telah saling mendukung pada saat-saat sulit. Kedua negara, menurutnya, telah menunjukkan persahabatan yang mendalam.

Dalam menghadapi situasi rumit yang ditandai oleh pandemi abad ini dan perubahan penting yang tidak pernah terlihat dalam seratus tahun terakhir, Presiden Xi mengatakan, China dan Ekuador, sebagai mitra strategis yang komprehensif, harus melihat dan mengembangkan hubungan mereka dari sudut pandang strategis dan berjangka panjang, serta terus mendukung dan berkoordinasi satu sama lain.

Menlu Ekuador Jose Valencia (kedua dari kiri) dalam pertemuan dengan Menlu China Wang Yi (tidak digambarkan) di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing, China, 1 November 2019. (REUTERS/Jason Lee/POOL)
Menlu Ekuador Jose Valencia (kedua dari kiri) dalam pertemuan dengan Menlu China Wang Yi (tidak digambarkan) di Wisma Negara Diaoyutai, Beijing, China, 1 November 2019. (REUTERS/Jason Lee/POOL)

China akan terus memberikan dukungan dan bantuan kepada Ekuador dalam memerangi epidemi dan melakukan kerja sama dalam berbagai bentuk dengan Ekuador di bidang antiepidemi dan vaksin. Dengan upaya bersama oleh kedua belah pihak, menurut Xi, hubungan China -Ekuador akan mencapai perkembangan yang lebih besar.

Presiden Xi menekankan bahwa Ekuador adalah mitra kerja sama penting China dalam pembangunan bersama Sabuk dan Jalan dan kedua belah pihak telah mencapai hasil yang bermanfaat dalam kerja sama di bidang-bidang tradisional seperti infrastruktur, energi dan pertambangan, serta keuangan.

Ia mengatakan bahwa sewaktu China memasuki tahap pembangunan baru, negara itu akan menjadi lebih terbuka dan lebih kuat dan akan memberi Ekuador dan negara-negara lain peluang baru.

Ia menyebutkan bahwa China siap untuk memperluas skala impor dari Ekuador, lebih meliberalisasi dan memfasilitasi perdagangan dan investasi bilateral, dan mengembangkan titik-titik pertumbuhan baru seperti pembangunan Jalur Sutra yang sehat, Jalur Sutra digital dan Jalur Sutra hijau dan menciptakan lebih banyak hasil dari kerja sama praktis untuk kepentingan rakyat kedua negara.

Presiden Xi mengatakan bahwa China bersedia memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Ekuador dalam urusan multilateral, sehingga dapat mempertahankan keadilan internasional, melindungi hak dan kepentingan yang sah dari negara-negara berkembang, dan mendorong pembangunan komunitas masa depan bersama bagi kemanusiaan.

Presiden Ekuador, Guillermo Lasso (kanan) dan ibu negara María de Lourdes de Lasso menyapa warganya dari balkon Istana Carondelet, di Quito, 24 Mei 2021.
Presiden Ekuador, Guillermo Lasso (kanan) dan ibu negara María de Lourdes de Lasso menyapa warganya dari balkon Istana Carondelet, di Quito, 24 Mei 2021.

Presiden Lasso dengan hangat mengucapkan selamat kepada Partai Komunis China (CPC) terkait peringatan 100 tahun pendiriannya, serta pencapaian besar China dalam memberantas kemiskinan dan dalam perang melawan COVID-19.

Lasso mengatakan bahwa vaksin yang disediakan oleh China telah memberikan dukungan penting untuk perjuangan Ekuador melawan epidemi, sehingga membuat rakyat Ekuador bersyukur dan tidak akan pernah melupakan jasa negara itu.

Presiden Lasso mengatakan bahwa Ekuador menentang politisasi dan stigmatisasi epidemi dan berharap memperdalam kerja sama vaksin dengan China .

Ia mengatakan bahwa Ekuador menganggap China sebagai mitra strategis komprehensif yang paling penting dan menyambut lebih banyak perusahaan China untuk berinvestasi dan bekerja sama di Ekuador. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG