Tautan-tautan Akses

China Ciptakan Raksasa Pertanian Lewat Penggabungan Perusahaan


Ladang kapas di Hami, Xinjiang, China.

China memiliki sekitar setengah dari persediaan jagung dan kapas dunia, setelah sistem bantuan negara mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan beberapa pabrik bergeser ke impor murah.

Penggabungan perusahaan-perusahaan (merger) kapas dan biji-bijian China akan membuat kelompok produksi pertanian terbesar di negara itu, media pemerintah melaporkan.

Dewan Negara menyetujui penggabungan China National Cotton Reserves Corp dengan China Grain Reserves Corp, yang dikenal sebagai Sinograin, menurut laporan China Central Television. Perusahaan baru itu akan menggabungkan aset 1,47 triliun Yuan atau US$213 miliar, menurut laporan tersebut.

China telah berjanji untuk merombak perusahaan milik negara itu sebagai bagian dari reformasi sisi pasokan dan berupaya mempercepat penjualan cadangann hasil pertaniannya.

China memiliki sekitar setengah dari persediaan jagung dan kapas dunia, serta mempunyai cadangan besar gandum, beras dan minyak goreng setelah sistem bantuan negara mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan beberapa pabrik bergeser ke impor murah.

Pemerintah tahun lalu mengakhiri kebijakan persediaan jagung dan mengatakan kebijakan itu menaikkan harga pembelian minimum gandum dan beras guna meningkatkan efisiensi.

Pada bulan Juli, Dewan Negara China menyetujui penggabungan Chinatex Corp dan Cofco Corp China yang berencana untuk bergabung dengan Sinochem Group dan China National Chemical Corp, kata seseorang yang akrab dengan soal tersebut pada bulan Oktober. [ps/al]

XS
SM
MD
LG