Tautan-tautan Akses

China: China, AS akan Bentuk Kelompok Kerja Iklim


Seorang perempuan mengenakan masker duduk dekat layar yang menampilkan gambar bendera China dan AS di Forum Lanting mengenai hubungan AS-China, di Beijing, 22 Februari 2021.
Seorang perempuan mengenakan masker duduk dekat layar yang menampilkan gambar bendera China dan AS di Forum Lanting mengenai hubungan AS-China, di Beijing, 22 Februari 2021.

Setelah perundingan intensif dua hari dengan mitranya dari China, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan terlepas dari perbedaan, ada hal-hal di mana kepentingan kedua negara bersinggungan. Pada Sabtu (20/3), China juga mengakuinya, menandai adanya kemajuan dalam hubungan kedua negara itu.

Dari Alaska, kantor berita resmi China Xinhua mengatakan China dan AS akan membentuk kelompok kerja mengenai perubahan iklim.

Xinhua tidak merincikan tentang kelompok kerja iklim itu, tapi mengatakan AS dan China membahas perubahan kebijakan perjalanan dan visa terkait COVID-19 dan vaksinasi masing-masing diplomat. Kantor berita itu melaporkan kedua pihak juga sepakat untuk membahas "misi diplomatik dan konsuler" dan visa jurnalis.

Pada Juli lalu, Menteri Luar Negeri AS ketika itu -- Mike Pompeo -- memerintahkan Konsulat China di Houston ditutup, karena masalah terkait hak atas kekayaan intelektual AS. China sangat keberatan dan kemudian menutup konsulat AS di Chengdu.

Perselisihan mengenai jurnalis dimulai Februari lalu. Kemudian kedua negara mengusir beberapa jurnalis masing-masing dan mengurangi masa berlakunya visa mereka menjadi tiga bulan, meskipun bisa diperbarui.

Seorang pejabat senior AS, yang berbicara dengan syarat identitasnya dirahasiakan pada Sabtu (20/3), mengatakan meskipun tidak ada perjanjian formal mengenai adanya perundingan baru, ada area "dalam hubungan diplomatik dimana kami mungkin bisa mengeksplorasi" kepentingan bersama. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG