Tautan-tautan Akses

China Berikan Pengarahan Asal Mula COVID-19 Jelang Laporan WHO


Tim WHO menyelidiki asal mula penyakit virus corona di Wuhan. (Foto: Reuters)
Tim WHO menyelidiki asal mula penyakit virus corona di Wuhan. (Foto: Reuters)

Pejabat China memberi pengarahan kepada diplomat pada Jumat (26/3) tentang penelitian yang masih berlangsung terhadap asal-usul virus corona yang menyebabkan COVID-19. Hal itu dilakukan menjelang penerbitan laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Pengarahan itu tampaknya merupakan usaha China untuk memaparkan pandangannya terkait laporan itu, yang kini terjerat dalam sebuah pertikaian diplomatik.

Amerika dan negara-negara lain telah mempertanyakan tentang pengaruh China dan independensi dari temuan-temuan laporan itu, dan China menuduh pengecamnya berusaha mempolitisir sebuah studi ilmiah.

“Maksud kami adalah memperlihatkan keterbukaan dan transparansi,” kata Yang Tao, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri. “China memerangi epidemi itu secara transparan dan tidak ada hal-hal yang disembunyikannya.”

Laporan yang telah ditunda berulang kali itu didasarkan pada lawatan tahun ini oleh tim WHO yang terdiri dari pakar internasional ke Wuhan, kota di China tengah di mana infeksi virus corona pertama dilaporkan pada akhir 2019.

Pakar WHO itu bekerja sama dengan rekan setara mereka dari China, dan kedua pihak telah menyepakati laporan akhirnya. Tidak jelas kapan laporan itu akan diterbitkan. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG