Tautan-tautan Akses

China Berhasil Luncurkan Misi Independen Pertama ke Mars


Peluncuran pesawat antariksa tak berawak Tianwen-1 ke Mars, dari lokasi pusat peluncuran pesawat antariksa Wenchang di provinsi Hainan, kawasan selatan China, 23 Juli 2020.

Sebuah pesawat antariksa tak berawak, Kamis (23/7) diluncurkan untuk melakukan perjalanan satu tahun ke Mars, mengawali salah satu misi ruang angkasa China yang paling ambisius selama ini.

Tianwen-1 lepas landas dari lokasi Peluncuran Pesawat Antariksa Wenchang di Pulau Hainan, di bagian selatan China, dengan menumpangi roket Long March 5. Peluncuran itu disambut sorak sorai ratusan orang yang berkumpul di pantai-pantai di kawasan teluk itu untuk menyaksikan peristiwa tersebut.

Tianwen-1 diperkirakan akan mencapai Planet Merah pada bulan Februari mendatang. Begitu Tianwen-1 memasuki orbit Mars, sebuah wahana pendaratan akan dilepaskan dan mendarat di wilayah Mars yang disebut Utopia Planitia. Di sana, wahana itu akan mengeluarkan kendaraan kecil bertenaga surya yang akan menjelajahi permukaan Mars selama sedikitnya tiga bulan.

Jika pendaratan berhasil, ini akan membuat China menjadi negara ke-dua yang menempatkan wahana ruang angkasa di permukaan Mars. Sebelumnya, Amerika telah mendaratkan delapan wahana di sana sejak 1976. China juga akan menjadi negara pertama yang melakukan seluruh tiga tahapan dalam satu misi – mengorbit, mendarat, dan mengerahkan kendaraan penjelajah. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG