Tautan-tautan Akses

China Bergerak, Pastikan Keamanan Pasokan Energi di Tengah Krisis Ukraina 


Sebuah kapal tanker minyak terlihat di sebuah pelabuhan di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, 1 Maret 2016. (Foto: Reuters)
Sebuah kapal tanker minyak terlihat di sebuah pelabuhan di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, 1 Maret 2016. (Foto: Reuters)

Pejabat perencanaan China memastikan negaranya mampu menyediakan energi yang cukup meskipun menghadapi tantangan serius karena harus meningkatkan kapasitas produksi dan meningkatkan cadangannya untuk menjaga harga tetap terkendali.

Energi dan harga komoditas global telah melonjak ke level tertinggi dalam satu dekade terakhir di tengah kekhawatiran gangguan pasokan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, Wakil Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) China, Lian Weiliang, mengatakan ekonomi negaranya tetap tangguh meskipun ada peningkatan risiko yang disebabkan oleh krisis.

"Konflik geopolitik dan perubahan pasokan dan permintaan energi global telah menantang pasokan energi kami yang aman," kata Lian dalam rapat dengan parlemen.

"Meskipun tantangan yang kami hadapi semakin berat, China memiliki kondisi, kemampuan, kepercayaan diri, dan sarana untuk memastikan pasokan energi yang aman dan andal," katanya.

Dia mengakui bahwa kenaikan harga minyak mentah dan gas global akan mempengaruhi China. Lebih dari 70 persen kebutuhan minyak dan 40 persen kebutuhan gas China dipenuhi dari ekspor, tetapi Lian memastikan pemerintah dapat mengelola dampak terkereknya harga-harga komoditas tersebut.

Ia mengatakan China telah mendiversifikasi pasokan minyak dan gasnya, dan impor dapat tetap stabil selama semua pihak menerapkan kontrak.

Petugas inspeksi imigrasi China dengan pakaian pelindung berjalan melewati kapal tanker minyak di pelabuhan di Qingdao, di provinsi Shandong timur China. (Foto: AFP)
Petugas inspeksi imigrasi China dengan pakaian pelindung berjalan melewati kapal tanker minyak di pelabuhan di Qingdao, di provinsi Shandong timur China. (Foto: AFP)

Badan perencanaan negara bertujuan untuk meningkatkan produksi dan cadangan minyak, gas serta batu bara, yang menggerakkan lebih dari 60 persen pembangkit listrik China.

Lian mengatakan China akan mampu mempertahankan tingkat produksi batu bara yang wajar.

China juga akan mengakumulasi 200 juta ton stok batu bara yang dapat digunakan pemerintah, menambah lebih dari 5 miliar meter kubik penyimpanan gas dan meningkatkan jumlah listrik cadangan darurat menjadi lebih dari 30 gigawatt, katanya.

Pemerintah juga berencana untuk memproduksi sekitar 450 gigawatt (GW) kapasitas pembangkit listrik tenaga surya dan angin dari Gobi dan daerah gurun lainnya.

NDRC juga berjanji untuk tidak membatasi penggunaan listrik dan gas kecuali situasi ekstrem muncul, sejalan dengan janji Perdana Menteri Li Keqiang untuk memastikan pasokan listrik untuk pengguna perumahan dan industri tahun ini.

Ia juga mengatakan akan meningkatkan upaya untuk menstabilkan produksi dan harga biji-bijian domestik, jagung dan kedelai.

"Kami akan menggunakan sumber daya internasional secara rasional, memperkuat penyesuaian cadangan dan menjaga keseimbangan antara penawaran dan permintaan," kata Hu Zucai, Wakil Kepala NDRC lainnya.

China telah menargetkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat sekitar 5,5 persen pada tahun ini di tengah pemulihan global yang tidak pasti dan penurunan di sektor propertinya. [ah/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG