Tautan-tautan Akses

China akan Pangkas Tarif untuk Beberapa Impor AS


Kontainer-kontainer milik China Shipping Company di terminal International Virginia di Portsmouth, Amerika Serikat, 10 Mei 2019. (Foto: AP)

China, Kamis (6/2/2020), akan memangkas setengah tarif tambahan yang diberlakukan terhadap 1.717 barang dari Amerika Serikat tahun lalu.

Pengurangan tarif impor itu menyusul penandatanganan kesepakatan dagang Fase 1 yang mengakhiri perang dagang di antara dua perekonomian terbesar di dunia.

Meski pengumuman itu keluar tingga minggu setelah kesepakatan dagang fase pertama ditandatangani, para analis melihatnya sebagai langkah dari Beijing untuk meningkatkan kepercayaan di tengah merebaknya wabah virus. Wabah virus corona sudah mengganggu kegiatan bisnis dan menurunkan sentimen para investor.

Menteri Keuangan China dalam pernyataannya, seperti dikutip Reuters, mengatakan sejak pukul 05.01 GMT, pada 14 Februari, tarif tambahan yang dikenakan terhadap beberapa barang akan dipangkas menjadi 5 persen, dari sebelumnya 10 persen. Tarif untuk barang-barang lainnya akan diturunkan menjadi 2,5 persen, dari sebelumnya 5 persen.

Kementerian tidak mengungkap nilai dari barang-barang yang terdampak keputusan tersebut. Namun, produk-produk yang diuntungkan dengan aturan baru itu adalah bagian dari barang-barang senilai AS$75 miliar yang diumumkan China pada tahun lalu, akan dikenakan tarif antara 5 persen hingga 10 persen. Tarif tersebut mulai berlaku 1 September.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Keuangan mengatakan pengurangan tarif itu sesuai dengan yang kebijakan yang diumumkan oleh Amerika Serikat terhadap barang-barang China. Kebijakan tarif baru dari AS juga akan berlaku mulai 14 Februari. [ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG