Tautan-tautan Akses

Chad Klaim Bunuh Pemimpin Al-Qaida di Mali Utara


Tentara Mali berpatroli di Gao, Mali utara. (Foto: Dok)
Tentara Mali berpatroli di Gao, Mali utara. (Foto: Dok)

Pihak militer Chad menyatakan telah menewaskan pemimpin nomor dua al-Qaida, Mokhtar Belmokhtar, di Mali Utara.

Chad mengatakan pasukannya di Mali utara telah menewaskan Mokhtar Belmokhtar, militan terkait al-Qaida yang mengaku bertanggungjawab atas penyerbuan yang menimbulkan banyak korban di sumur gas alam Aljazair awal tahun ini.

Pembacaan pernyataan militer yang ditayangkan di televisi nasional menyebutkan Belmokhtar yang bermata satu tewas Sabtu (2/3) ketika tentara Chad menyerbu kubu militan di wilayah pegunungan di Mali utara dekat perbatasan Aljazair. Pembunuhan itu belum dikukuhkan.

Laporan kematian Belmokhtar disampaikan 24 jam setelah presiden Chad mengatakan pasukan Chad telah membunuh komandan al-Qaeda lain yang ditakuti, Abdelhamid Abou Zeid - komandan senior kelompok teroris cabang Afrika Utara.

Laporan berita Aljazair dan Perancis menyebutkan pihak berwenang sedang berusaha mencocokkan sampel-sampel DNA sanak saudara Abou Zeid dengan jenazah yang ditemukan di Mali utara setelah serangan militer pimpinan Perancis awal pekan ini.

Jika kedua kematian itu dikukuhkan, berarti dalam seminggu pasukan pimpinan Perancis yang bertempur di Mali utara sudah membunuh dua tokoh senior al-Qaida di wilayah itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG