Tautan-tautan Akses

AS

CEO Hadapi Tuduhan Pelecehan Seksual, Saham CBS Turun Drastis


Les Moonves (68 tahun), CEO perusahaan media CBS yang sedang menghadapi tuduhan pelecehan seksual.

Saham-saham perusahaan media CBS di Wallstreet turun tajam hari Senin, hari pertama perdagangan sejak mundurnya CEO Les Moonves, yang menghadapi sejumlah tuduhan pelecehan seksual.

CBS hari Minggu (10/9) malam mengatakan bahwa Moonves akan diganti dan bahwa perusahaan itu sedang merombak dewan direksinya.

Saham-saham berkurang lebih dari 8 persen tahun ini, dan mengalami penurunan terbesar dalam hampir 7 tahun pada bulan Juli ketika rincian tuduhan-tuduhan itu muncul ke permukaan.

Saham berkurang hampir 4 persen hari Senin. Moonves, mengundurkan diri Minggu malam setelah enam perempuan lagi menuduhnya melakukan penyerangan seksual.

CBS mengatakan pengunduran dirinya segera berlaku. Sebuah pernyataan tidak secara langsung menyebut berbagai tuduhan terhadapnya, tapi mengatakan CBS dan Moonves akan menyumbang 20 juta dolar kepada kelompok-kelompok yang mendukung kesetaraan perempuan di tempat kerja.

Moonves adalah salah satu eksekutif dengan bayar tertinggi dan paling berpengaruh dalam bisnis penyiaran.

Dia sedang diselidiki atas tuduhan melecehkan sejumlah perempuan ketika majalah New Yorker hari Minggu melaporkan bahwa enam perempuan lagi menuduh bahwa pada awal tahun 1980an, dia memaksa mereka berhubungan intim, mengintimidasi mereka, dan menggunakan kekerasan.

Sebagian dari perempuan itu mengatakan Moonves berjanji akan menaikkan karir mereka dalam industri hiburan apabila mereka bersedia berhubungan seksual.

Moonves belum mengeluarkan pernyataan apapun sejak mengumumkan pengunduran dirinya. Tapi dia telah membantah apa yang disebutnya "tuduhan mengerikan" terhadapnya, mengatakan tuduhan-tuduhan itu adalah bagian dari upaya untuk menghancurkannya dan karirnya.

Dia mengatakan segala hubungan seksual yang mungkin dijalin dengan para penuduhnya adalah konsensual.

Moonves berhak menerima pesangon sebesar 100 juta dolar dan pembayaran lain dari CBS. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG