Tautan-tautan Akses

Ceko Mulai Program Tes Covid-19 Nasional


Seorang perempuan menjalani tes rapid antigen Covid-19 di Praha, Republik Ceko, 16 Desember 2020.

Republik Ceko, Rabu (12/16), memulai program tes Covid-19 nasional. Pemerintah berharap bisa melacak penyebaran virus itu di negara itu, yang seperti negara-negara Eropa lainnya, menyaksikan kenaikan kasus Covid-19 dalam minggu-minggu terakhir.

Kementerian Kesehatan Ceko menawarkan uji antigen gratis di sekitar 17 tempat pengujian di seluruh negara itu. Uji antigen itu lebih murah dan cepat, tetapi kurang akurat dibandingkan uji laboratorium memakai Reaksi Polimerase Berantai (Polymerase Chain Reaction/PCR). Hasil tes antigen itu bisa diketahui dalam waktu 15 menit. Kalau pasien hasilnya positif, kementerian akan segera melakukan uji PCR terhadap pasien itu.

Kementerian Kesehatan berharap bisa melakukan 60 ribu tes per hari. Situs web kementerian mengatakan, orang bisa dites berulang kali, setiap lima hari. Ribuan telah mendaftarkan diri untuk tes hari pertama pada Rabu (15/12).

Republik Ceko mengalami kenaikan kasus per kapita terbesar di Eropa pada Oktober dan November, dan hampir 10 ribu kematian di negara yang hanya berpenduduk 10,7 juta itu.

Pemerintah dikritik karena tanggapan yang lamban terhadap pandemi, dan baru-baru ini memberlakukan pembatasan seperti penutupan bar, restoran dan hotel, dan memberlakukan jam malam.

Republik Ceko melaporkan rata-rata 5315 kasus baru per hari pada minggu lalu, sementara pasien yang masuk rumah sakit meningkat menjadi 4.632 dari 4.475 minggu sebelumnya. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG