Tautan-tautan Akses

CDC: AS Berada di Jalur Keluar dari Pandemi COVID-19


Dr. Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)
Dr. Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Rochelle Walensky, Selasa (18/5) menyatakan Amerika Serikat berada di jalur untuk keluar dari krisis pandemi, dan dia mencatat rata-rata tujuh hari terakhir jumlah infeksi COVID-19 baru dan kematian termasuk yang terendah sejak pandemi dimulai.

Dalam briefing pers dari Tim Penanggap COVID-19 Gedung Putih, Walensky mengatakan angka terbaru ini menunjukkan "kita semua harus memiliki rasa optimis namun tetap berhati-hati."

Penasihat Senior COVID-19 Gedung Putih Andy Slavitt menambahkan pada kabar baik itu bahwa jumlah infeksi minggu lalu juga turun di semua 50 negara bagian untuk pertama kalinya.

Sementara laju vaksinasi melambat, Walensky menyampaikan AS tetap memvaksinasi 1,5 dan 2 juta orang per hari. Ia menyatakan dalam waktu kurang dari seminggu sejak Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) dan CDC mengesahkan dan merekomendasikan penggunaan vaksin Pfizer bagi remaja usia 12 tahun ke atas, lebih dari 600.000 orang muda menerima vaksin tersebut.

Walensky juga mencatat 60% dari seluruh warga Amerika yang berusia 18 tahun atau lebih telah menerima sedikitnya satu dosis vaksin. Itu pertanda baik dimana Amerika akan dengan mudah mencapai target Presiden Joe Biden, yaitu 70% dari populasi Amerika mendapatkan satu dosis vaksin sebelum 4 Juli 2021.

Dalam pengarahan yang sama, Penasihat Medis Senior Gedung Putih Anthony Fauci berusaha meyakinkan warga Amerika tentang kemanjuran vaksin COVID-19. Ia mempresentasikan studi terbaru yang menunjukkan vaksin yang tersedia saat ini di AS terbukti efektif dalam memberikan perlindungan atas varian baru COVID-19, termasuk varian B.1.6.7, yang awalnya diidentifikasi di India. [mg/jm]

XS
SM
MD
LG