Tautan-tautan Akses

Cathay Pacific: September, Jumlah Penumpang Merosot


Awak darat berkendara melewati taman pesawat Cathay Pacific Airways di Bandara Internasional Hong Kong, Senin, 12 Agustus 2019. (Foto: AP / Vincent Thian)

Maskapai penerbangan Hong Kong, Cathay Pacific, menyatakan arus penumpang mengalami kemerosotan bulan lalu karena anjloknya penumpang asal China daratan.

Data yang dirilis hari Jumat itu (18/10) merupakan sinyal terbaru bahwa penumpang dari China daratan berusaha menjauh dari kota semi otonom China itu sementara protes-protes prodemokrasi di sana berlanjut.

Perusahaan itu mengatakan pemesanan tiket pesawat ke China daratan untuk Cathay Pacific dan maskapai regionalnya, Cathay Dragon, merosot 23,2 persen pada bulan September dibandingkan dengan setahun silam. Hal ini menyebabkan penurunan 7,1 persen dalam keseluruhan lalu lintas penumpang.

Maskapai itu tidak menyebut secara spesifik protes di Hong Kong sebagai penyebab penurunan tersebut.

Tetapi Cathay menyatakan bahwa September, yang biasanya merupakan masa perjalanan yang ramai karena menjelang libur Hari Nasional Tiongkok pada bulan Oktober, menjadi “bulan penuh tantangan lainnya” dengan lemahnya permintaan di pasar Tiongkok daratan untuk perjalanan ke Hong Kong. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG